Senin, 20 September 2010

Serangan Di Musim Hujan

DEMAM BERDARAH DENGUE

DBD….pasti udah pada tau kan? Nah lewat tulisan ini aku coba cocokin antara teori dan kenyataan…
1.       DBD ato Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yg disebabkan oeh virus yg dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini sangat populer  di indonesia (terutama) karena angka kejadiannya yg tinggi dan sering menyebabkan kematian pada anak-anak.

Nah, kalo misalnya di deket rumah (keponakan, anak, tetangga, orang lewat, murid) mengalami:
1.       Demam tinggi terus menerus selama lebih dari lima hari
2.      nyeri2 pada sendi ato di belakang mata
3.      biasanya sih g disertai batuk pilek ato gangguan BAB (diare ato konstipasi)
4.      di deket rumah udah ada yg kena DBD

Lebih baik dibawa periksa ke dokter ato kalo mo langsung bawa aj ke laboratorium klinik swasta ato rumah sakit, minta dicek-in Hemoglobin, Hematokrit dan Trombosit…kalo mo periksa leukosit juga boleh…setelah ada hasilnya boleh confirm dg bawa hasil ke dokter ato coba liat trombositnya (normal > 200.000), hematokritnya (normal < 40)..kalo masih normal y…g usah ke dokter, cukup byk minum air putih di rumah dan makan makanan bergizi (lagi lagi…lagi-lagi…). Tapi kalo kurang dari jumlah segitu, lebih baik bawa aj d ke rumah sakit.


Periksa laboratorium-nya lebih baik dilakukan kalo demam tingginya udah terjadi >3 hari ya… terus kalo masih normal..pas 5 hari demam periksa lagi labornya…takutnya trombositnya turun…kalo udah turun bisa2 keluar darah dari hidung dan gusi yg ini merupakan tanda-tanda GAWAT!!!.Kalo 5 hari demam masih bagus hasil labornya…dan masih demam sampe > 7 hari..periksa laboratorium lagi…karena nggak semua DBD sama lama demamnya dan kegawatannya.


Memang sih kalo periksa darah itu menyakitkan (apalagi pake tusuk2 gitu) tapi mo diapain lagi ya…itulah penanda pasti infeksinya.


Oke bro dan sist … jadi kalo demam > 5 hari dg nyeri2 sendi…periksa labororatoriumnya dan kalo hasilnya kurang dari normal confirm ke dokter ya… Trus kalo pas demam ada mimisan ato gusi berdarah ato fesesnya berubah warna hitam kelam ato pas demam turun tangan dan kaki jd dingin bgt…cepet2 bawa ke rumah sakit ya!!!


Tanggapan, saran dan kritik ditunggu ya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar