Sabtu, 16 Oktober 2010

the longest tunnel in the world



Inilah terowongan terpanjang di dunia


Telah diselesaikannya pembangunan terowongan yang menembus pegunungan alpen oleh para teknisi Swiss yang akan memungkinkan terjadinya perjalanan kereta dari Jerman ke Italia tanpa melalui  pengunungan Alpen.


Terowongan ini bagian dari rencana menghubungan kota-kota di Eropa, jaringan angkutan barang dan  truk besar.Terowongan Gotthard Base memiliki panjang 34,5 mil atau 57 kilometer yang memungkinkan dilalui oleh kereta berkecepatan tinggi.

Dengan selesainya terowongan Gotthard Base ini, maka terowongan ini menjadi salah satu terowongan terpanjang didunia lebih panjang dari terowongan Seikan  di Jepang yang panjangnya 33,5 mil atau 54 kilometer yang menghubungkan pulau Honshu dan pulau Hokkaido, serta The Chunnel yang menghubungkan Inggris dan Perancis dengan panjang 31 mil atau 50 kilometer.

Pembangunan terowongan ini membutuhkan waktu hampir 20 tahun pengalian dan tim bekerja sejauh dua kilometer lebih dibawah pengunungan Swiss, sedangkan pekerja yang bekerja lebih kurang 2.500 orang dimana tercatat delapan pekerja meninggal dunia.
Dana yang dikeluarkan untuk membangun terowongan ini menghabiskan 10 milyar dolar dan terowongan ini baru dibuka tahun 2017 untuk kereta api.


sumber :
http://www.voanews.com/indonesian/news/Swiss-Tuntaskan-Terowongan-Terpanjang-di-Dunia-105068809.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar