Selasa, 02 November 2010

Harapan baru bagi penderita kanker




Telah ditemukan protein penyerang kanker

Sebuah tim dari Australia menemukan sebuah protein yang dapat membunuh sel kanker. Penemuan ini diharapkan dapat menciptakan obat baru untuk penyakit kanker dan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh lainnya, Senin (1/11). Penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah Nature, menjelaskan protein perforin sebagai pembunuh sel kanker, protein ini bergerak menuju lubang ke dalam sel untuk membunuh sel kanker.

Profesor James Whisstock, Dewan Penelitian Australia di Monash University, mengatakan bahwa ini merupakan penemuan yang sangat penting dalam bidang imunologi. "Perforin adalah senjata tubuh kita untuk membersihkan dan mematikan sel kanker," katanya. Protein ini berfungsi menghancurkan virus penyebab kanker yang memproduksi enzim beracun untuk membunuh sel kanker. 

Tanpa protein tersebut sistem kekebalan tubuh tidak dapat menghancurkan sel-sel kanker. Setelah sepuluh tahun mengadakan penelitian, Profesor Whisstock dan timnya di Monash University, bersama dengan tim dari Peter McCallum Cancer Institute di Melbourne Australia dan ilmuwan di Birkbeck College di London, telah menemukan bagaimana mekanisme atau cara kerja protein tersebut.

Para peneliti sedang mencari cara dalam memanfaatkan perforin untuk perlindungan kanker yang lebih efektif, dan terapi untuk penyakit seperti malaria serebral.(Xinhua/AYB)



source :
liputan6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar